Di era internet, muncul berbagai pendekatan baru dalam berbisnis. Tapi pada dasarnya, sama aja ketika memulai bisnis memerlukan investasi terlebih dahulu. Dan sudah jamak bila di awal masa pendirian bisnis, maka bisnis masih belum untung.
Bertahun-tahun kita terbiasa mengalokasikan banyak investasi untuk membangun aset seperti pabrik, toko, kendaraan, merekrut karyawan, dan semacamnya. Kemudian kita menunggu waktu agar investasi kembali dan meraih untung.
Sekarang muncul cara baru dalam membangun bisnis. Alokasi investasi awal bukan semata-mata untuk membangun aset, tetapi sebagian besar dipakai untuk akuisisi konsumen. Dan sama saja seperti bisnis lain, tentu di masa awal belum mencapai untung.
Jadi cukup mengherankan bila ada “pengamat” yang tidak dapat melihat bahwa cara membangun bisnis internet ini sebenarnya mirip-mirip saja dengan bisnis lain. Hanya beda keputusan untuk alokasi investasi, sedangkan berbeda bukan berarti salah.
Dimanapun memang ada perbedaan antara pedagang dan pebisnis. Pedagang mencari pembeli, sedangkan pebisnis membangun basis pelanggan.
Artikel ini ditulis oleh Andrias Ekoyuono
LinkedIn profile, @andrias98 on Twitter